Mengenal Lebih Dalam Tentang Stem Cell Dewasa

Jika pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai tiga jenis stem cell beserta karakteristiknya dan pengenalan lebih mendalam tentang stem cell embrio, maka pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas lebih mendalam mengenai jenis stem cell ke-2, yaitu stem cell dewasa. Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu Stem Cell Dewasa?

Sel induk dewasa dinamai demikian karena mereka lebih dewasa/matang daripada sel induk embrio, meskipun mereka tidak harus berasal dari orang dewasa. Kematangan mereka ini berarti bahwa mereka terbatas dalam kemampuan mereka untuk membedakan jenis sel lain. Kantong sel induk dewasa ditemukan di banyak organ kita dan mereka hanya mengisi sel-sel di organ di mana mereka berada. Jenis sel induk dewasa meliputi:

  1. Hematopoietic

    Ditemukan di sumsum tulang dan darah tali pusat, mereka menjadi darah dan sel-sel kekebalan. Mereka adalah satu-satunya sel induk yang disetujui oleh FDA untuk terapi dalam pengobatan kanker darah tertentu.

  2. Mesenchymal

    Sel-sel ini ditemukan di seluruh tubuh, termasuk di sumsum tulang, jaringan lemak, dan organ. Mereka berubah menjadi jaringan ikat yang ditemukan di seluruh tubuh, meskipun sel spesifik mereka terkait dengan organ di mana mereka berada. Sel-sel induk ini juga dapat menurunkan peradangan.

  3. Fetal/Janin

    Sel punca dari janin lebih matang dan karena itu kurang mampu membedakan jenis lain daripada sel induk embrio, tetapi mereka mungkin lebih multiguna daripada sel induk dewasa lainnya. Sebagai contoh, sel-sel induk saraf dari jaringan otak janin dapat menjadi beberapa jenis neuron, tetapi sel-sel induk saraf dari otak dewasa sangat jarang dan memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk membedakan jenis sel lainnya.

Apa yang membedakan mereka dari sel punca lainnya?

Sel induk dewasa terbatas dalam kemampuan mereka. Mereka hanya dapat menjadi jenis sel tertentu - mereka disebut multi-poten, bukan pluripotent - dan ada batas seberapa sering mereka dapat membagi. Karena alasan itulah, jenis sel punca yang satu ini berbeda dengan yang lainnya.

Bagaimana karakteristik ini memberikan potensi medis yang hebat?

Sel induk dewasa memang kurang kuat dibandingkan sel punca embrio, tetapi mereka lebih mudah digunakan, karena semua manusia memiliki persediaan sel-sel ini. Mereka pun masih mungkin berguna untuk mengurangi peradangan.

Itulah informasi seputar sel punca dewasa atau stem cell dewasa. Untuk Anda yang berkeinginan untuk mencoba melakukan perawatan/pengobatan dengan stem cell darah maupun stem cell mesenchymal setelah melahirkan, maka Anda dapat mempercayakannya kepada ProSTEM. ProSTEM sendiri adalah laboratorium stem cell pertama di Indonesia dan satu-satunya yang memiliki ijin resmi dari Kementerian Kesehatan. Untuk itu, bagi Anda yang berkeinginan untuk mencoba melakukan penyimpanan stem cell untuk pengobatan di masa yang akan datang, Anda dapat mempercayakannya pada ProSTEM.