Mengenal Lebih Dalam Tentang Stem Cell Embrio

Jika pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai tiga jenis stem cell beserta karakteristiknya, maka pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas lebih mendalam mengenai salah satu dari 3 jenis stem cell yang ada, yaitu stem cell embrio. Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu Stem Cell Embrio?

Sel punca embrio adalah sel pemula tubuh manusia. Mereka tidak terdiferensiasi, yang berarti mereka belum matang dan terspesialisasi, dan mereka mampu menjadi jenis sel lain di dalam tubuh. Pada embrio, sel-sel ini berkembang biak dan berdiferensiasi menjadi organ, tulang, dan otot. Di laboratorium, mereka dapat digandakan untuk membuat garis sel induk yang digunakan untuk penelitian atau untuk terapi. Biasanya para ilmuwan memanen sel induk embrio dari embrio berumur tiga sampai lima hari yang disumbangkan oleh orang-orang yang telah melalui fertilisasi in-vitro. Pertama kali, para ilmuwan mengisolasi sel induk embrio manusia pada tahun 1998.

Bagaimana karakteristik ini memberikan potensi medis yang hebat?

Karena kemampuan mereka untuk membedakan dan berkembang biak, sel induk embrio yang lama dianggap paling kuat dan karena hal tersebut, mereka memiliki potensi paling besar untuk mengobati cedera dan penyakit. Sel induk embrio ini dapat digunakan untuk menggantikan bagian tubuh yang rusak - dari sel-sel pembuat insulin yang hilang pada orang-orang dengan diabetes tipe 1 hingga sel-sel otak yang hilang pada penyakit Parkinson atau sel-sel kulit yang terluka oleh luka bakar.

Itulah informasi tentang sel punca embrio atau stem cell embrio. Untuk Anda yang berkeinginan untuk mencoba melakukan perawatan/pengobatan dengan stem cell darah maupun stem cell mesenchymal setelah melahirkan, maka Anda dapat mempercayakannya kepada ProSTEM. ProSTEM sendiri adalah laboratorium stem cell pertama di Indonesia dan satu-satunya yang memiliki ijin resmi dari Kementerian Kesehatan. Untuk itu, bagi Anda yang berkeinginan untuk mencoba melakukan penyimpanan stem cell untuk pengobatan di masa yang akan datang, Anda dapat mempercayakannya pada ProSTEM.