Perilaku Stem Cells dalam usus


Penelitian yang dipimpin oleh Queen May University of London (QMUL) dan diterbitkan dalam jurnal Cell Reports, menemukan jumlah stem cells yang ada di dalam usus manusia dan bagaimana mereka berperilaku dan berkembang dari waktu ke waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam usus yang sehat, stem cells  berada dalam kondisi persaingan satu sama lain untuk bertahan hidup dan jumlahnya sedikit pada satu wilayah tertentu (disebut sebagai 'stem cell niche’). Namun, stem cells yang terdapat pada tumor dini, terlihat peningkatan jumlah stem cells dan terjadi persaingan yang sangat ketat untuk tetap bertahan hidup. Keadaan ini menunjukkan adanya hubungan antara aktivitas stem cells dan perkembangan kanker usus.’

Penelitian ini secara langsung dilakukan dalam tubuh manusia dengan menggunakan alat khusus 'toolkit', yang bekerja dengan cara mengukur jumlah penuaan stem cells. Alat ini mencatat bagaimana stem cells berperilaku, mirip dengan menggambarkan bagaimana pohon tumbuh dari waktu ke waktu. Teknik yang digunakan cukup unik karena mampu mempelajari stem cells manusia dalam lingkungannya, sehingga memberikan gambaran yang lebih akurat tentang perilakunya.

Sampai  saat ini, biologi stem cells dari usus manusia masih merupakan misteri, karena penelitian stem cells hanya dilakukan pada hewan. Para ilmuwan telah menemukan kesamaan antara stem cells pada perut manusia dan perut tikus. Dengan demikian, aktivitas sel induk dalam tikus dapat mewakili aktivitas pada  manusia, sehingga diharapkan dapat mempercepat proses penelitian kanker usus.

Selain itu, metode penelitian baru ini juga dapat diterapkan untuk menyelidiki stem cells di bagian lain dari tubuh manusia seperti kulit, prostat, paru-paru dan payudara, dengan tujuan mempercepat penelitian kanker di daerah-daerah juga.

Dr Trevor Graham, Dosen Tumour Biology and Study Author di Queen Mary University of London berkomentar: ‘Diharapkan dengan adanya alat pengukuran baru tersebut, peneliti dapat menjelaskan pencegahan kanker usus’.

Reference:

 

The above story is based on materials provided by Queen Mary, University of London. Note: Materials may be edited for content and length.

Queen Mary, University of London. "Stem cell behavior of human bowel discovered for first time." ScienceDaily. ScienceDaily, 7 August 2014. <www.sciencedaily.com/releases/2014/08/140807121735.htm>.

 

Journal Reference:

1.     Ann-Marie Baker, Biancastella Cereser, Samuel Melton, Alexander G. Fletcher, Manuel Rodriguez-Justo, Paul J. Tadrous, Adam Humphries, George Elia, Stuart A.C. McDonald, Nicholas A. Wright, Benjamin D. Simons, Marnix Jansen, Trevor A. Graham. Quantification of Crypt and Stem Cell Evolution in the Normal and Neoplastic Human Colon. Cell Reports, 2014; DOI:10.1016/j.celrep.2014.07.019