Workshop dan Seminar ProSTEM dengan Elo Karsa

PT. Prodia StemCell Indonesia (ProSTEM) bekerjasama dengan PT. Elo Karsa Utama mengadakan Workshop dan Seminar pada hari Jumat-Sabtu, 5-6 April 2019. Workshop dilakukan pada hari pertama dengan tema “Day to Day Activity in Stem Cell Processing Laboratory”. Pemberi materi workshop berasal dari ekspertis di bidang stem cell dari ProSTEM. Materi yang diberikan adalah Kultur sel MSC dari Tali Pusat (Umbilical Cord) dan Quality Control testing.

Seminar dilakukan pada hari kedua dengan tema “A Closer Look Toward Stem Cell Clinical Application in Indonesia”. Peserta dari seminar dan workshop ini dihadiri oleh para dokter dan peneliti dari seluruh Indonesia. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai perkembangan dan regulasi stem cell di Indonesia. Selain itu, peserta juga dapat lebih memahami mengenai proses pengolahan sel punca (stem cell) dan penentuan kualitas sel punca (stem cell) yang digunakan dalam uji klinis dan aplikasi klinis yang sedang berjalan di Indonesia.

Dalam seminar tersebut dihadiri oleh Dr. Bayu Winata Putera,  M.Kes., Dr. Cynthia Retna Sartika, M.Si., Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K), Bapak Andi Wijaya, PhD (Komisaris Prodia), dr. Poengky Dwi Poerwantoro, Sp.BP-RE,MM, Prof. Idrus Alwi, dr. Cosmos Octavianus Mangunsong, Sp.M., dr. Dewi Wulandari, Sp.PK, M.Sc., Dr Erizal Sugiono,  M.Kes., Julian Poh, Derrick Teo sebagai nara sumber. Selain itu turut hadir dr. Reisa Broto Asmoro dan dr. Yanuarso, Sp.OT sebgai moderator.

Kedua acara berjalan dengan lancer dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap materi workshop maupun seminar. Semoga dengan diadakan acara workshop dan seminar ini, ProSTEM dapat memberikan informasi terbaru tentang sel punca (stem cell) dan aplikasi klinisnya di bidang kedokteran.