Penyimpanan Stem Cell Darah Tali Pusat

 

Darah tali pusat (DTP) adalah darah yang mengalir di dalam tali pusat bayi sampai ketika dia dilahirkan. Darah tali pusat merupakan sumber sel punca (stem cell) yang sangat berharga, yang dapat digunakan dalam pengobatan medis, seperti halnya sumsum tulang belakang (bone marrow) atau darah tepi (peripheral blood). Biasanya tali pusat bayi yang baru lahir hanya akan menjadi limbah rumah sakit. Namun, dengan kemajuan ilmu pengetahuan kedokteran regeneratif, limbah tersebut dapat diolah, diambil, dan disimpan stem cell-nya di laboratorium dan Bank Darah Tali Pusat yang nantinya akan digunakan untuk pengobatan regeneratif.

Sekarang ini terdapat tiga jenis Bank Darah Tali Pusat: umum (public cord blood bank), hybrid (gabungan private & public cord blood bank) dan privat (private cord blood bank). Penyimpanan stem cell darah tali pusat di Bank Darah Tali Pusat Umum, stem cell  disimpan untuk keperluan umum. Di Bank Darah Tali Pusat Privat, stem cell yang disimpan sepenuhnya adalah milik anda dan keluarga.

Kami, PT. Prodia StemCell Indonesia (ProSTEM), hadir sebagai Bank Darah Tali Pusat Privat terpercaya bagi keluarga Anda. ProSTEM didukung oleh tim dan ekspertis berpengalaman dan berkomitmen dalam bidang stem cell. Kami juga berhasil menjadi satu-satunya Bank Darah Tali Pusat di Indonesia yang memiliki ijin resmi dari Kementrian Kesehatan yang merunut pada standar internasional penyimpanan dan pengolahan sel punca dari Association of Blood Banks (AABB) dan Foundation for the Accreditation of Cellular Therapy-NetCord (FACT-NetCord).

Penyimpanan Stem Cell Mesenkimal Jaringan Tali Pusat

 

Jaringan tali pusat (cord tissue) merupakan sumber mesenchymal stem cell (MSC) yang berlimpah, berbeda dari stem cell dari darah tali pusat. Mesenchymal stem cell (MSC) memiliki kemampuan unik untuk membelah diri secara cepat dan berdiferensiasi. Mesenchymal stem cell (MSC) ini menunjukkan potensi besar dalam pengobatan regeneratif untuk perawatan kondisi medis di masa depan seperti tulang rawan, otot dan sel saraf.

Sejumlah penelitian mengenai terapi regeneratif sedang dilakukan untuk memahami mesenchymal stem cell (MSC)  dan bagaimana MSC dapat memainkan peran dalam terapi jaringan tali pusat di masa depan, dan bagaimana MSC membantu mengobati kondisi yang pernah dianggap tidak dapat diobati seperti penyakit Parkinson, Diabetes Tipe 1 dan Autisme

Untuk Anda yang berkeinginan menyimpan stem cell Tali Pusat bayi Anda, maka Anda dapat mempercayakannya kepada ProSTEM. Hal ini dikarenakan ProSTEM adalah laboratorium stem cell pertama di Indonesia dan satu-satunya yang memiliki ijin resmi dari Kementerian Kesehatan. Selain itu, ProSTEM bekerja sama dengan berbagai dokter yang ahli dan rumah sakit untuk menunjang aplikasi klinis stem cell.

Fasilitas dan Pelayanan

PROSTEM TELAH MEMENUHI STANDAR DALAM BIDANG PENGELOLAAN DAN PENYIMPANAN STEM CELL (SEL PUNCA)

Dalam menjalankan usahanya, ProSTEM dilengkapi dengan fasilitas penelitian yang didukung oleh jaringan dan kerja sama dengan rumah sakit pendidikan di Indonesia serta para peneliti dan klinisi di bidang sel punca. Dengan demikian, ProSTEM berperan aktif dalam kemajuan terapi, teknologi, dan informasi di bidang kedokteran regeneratif. Untuk penelitian yang baik dan bermutu, ProSTEM hanya melaksanakan penelitian yang telah mendapatkan Ethical Clearance atau keterangan lolos kaji etik dari komite kaji etik penelitian di Indonesia.

Infrastruktur

ProSTEM mengoperasikan fasilitas pengolahan, pengujian serta cryogenic facility selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. ProSTEM memiliki ruang laboratorium pengolahan dengan fasilitas yang sesuai dengan spesifikasi cGMP (current Good Manufacturing Practices).  yang memperhatikan pengendalian mikroba, jumlah partikel, suhu ruangan, kelembapan, intensitas cahaya serta aliran, kecepatan dan tekanan udara. Laboratorium dengan spesifikasi seperti ini sangat penting untuk diterapkan pada laboratorium pengolahan sel punca karena dapat mempengaruhi kualitas sel punca.

Laboratorium Komprehensif

Laboratorium ProSTEM terletak di lokasi yang strategis dan bebas banjir di Jalan Kramat VII No.11, Jakarta Pusat dengan fasilitas yang lengkap untuk pengolahan serta penyimpanan sel punca dan beroperasi selama 24 jam. Sel punca disimpan pada suhu -196°C dalam tangki nitrogen cair fase uap untuk mempertahankan kestabilan suhu sehingga dipastikan sel punca tersimpan dengan baik dalam jangka waktu yang cukup panjang. ProSTEM juga memiliki cryoshipper yang digunakan sebagai wadah transportasi sel punca ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan terapi sel punca. Wadah tersebut dapat mempertahankan suhu kurang dari -150°C selama beberapa hari. Sistem keamanan laboratorium ProSTEM dilengkapi dengan pengawasan CCTV selama 24 jam, alat pemadam kebakaran dan fingerprint access. Secara berkala, dilakukan kalibrasi terhadap peralatan dan ruang laboratorium untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. 

Uji Kelayakan Sampel

ProSTEM bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Prodia untuk melaksanakan pemeriksaan laboratorium untuk skrining atau pengujian kelayakan sampel. Laboratorium Klinik Prodia telah terakreditasi oleh badan nasional dan internasional, antara lain Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk ISO 15189, College of American Pathologists (CAP, USA) dan Royal College Pathologist Australia (RCPA) sehingga mutu hasil skrining dan kelayakan sampel dapat dipercaya.

Peralatan, Metode dan Bahan Laboratorium

Peralatan, metode maupun prosedur yang dijalankan oleh ProSTEM telah sesuai dengan standar American Association of Blood Banks (AABB) dan Foundation of Accreditation of Cellular Therapy – Net Cord (FACT- Net Cord) yang merupakan standar internasional untuk pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan terapi sel punca yang terbaik dan diakui oleh dunia kedokteran internasional. Demikian pula, reagent  dan bahan pembantu laboratorium yang dipilih dan digunakan oleh ProSTEM merupakan bahan-bahan yang sesuai dengan standar yang berlaku dan terdaftar di Indonesia. Dengan adanya kerja sama dengan para pemasok alat dan bahan, ProSTEM berkesempatan untuk menjadi perusahaan yang diprioritaskan dalam mendapatkan informasi yang up to date mengenai kemajuan teknologi kedokteran laboratorium dan terapi regeneratif.

Sumber Daya Manusia

ProSTEM dijalankan oleh tim yang terlatih dan berpengalaman serta berkomitmen untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. ProSTEM aktif dalam berbagi pengetahuan dan memberikan masukan-masukan dalam kemajuan di bidang sel punca dengan mengikuti kongres di bidang riset/terapi, berpartisipasi sebagai anggota dan pembicara pada seminar/kongres yang berskala nasional dan internasional kemudian bersama-sama dengan Kementrian Kesehatan berusaha menyediakan solusi medis. Selain itu, ProSTEM juga bekerja sama dengan rumah sakit dan klinisi dalam proses pengambilan dan pemberian sel punca. Bagi dokter yang ingin melakukan penelitian sel punca, ProSTEM telah menyediakan sarana penelitian in vitro yang dapat mengidentifikasikan sel, baik melalui morfologi, protein maupun penanda biomarker cell. Para ekspertis kami siap untuk mendukung dokter spesialis/peneliti dalam melaksanakan penelitian dan terapi sel punca di Indonesia.

Cell Diagnostic

 

PT. Prodia StemCell Indonesia (ProSTEM) merupakan perusahaan pengolahan dan penyimpanan sel punca yang telah berkontribusi aktif dalam mewujudkan upaya pengobatan regeneratif di Indonesia. ProSTEM telah terbiasa melakukan pengolahan sel untuk terapi penyakit degeneratif. Pengolahan tersebut dilakukan sesuai dengan standar pengolahan dan penyimpanan sel punca menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. 48 dan 50 tahun 2012, sehingga kualitas sel punca yang diproses dan yang disimpankan dapat terjamin.

Kualitas sel punca dapat diketahui dengan melakukan diagnostik sel. Fasilitas diagnostik sel yang dimiliki ProSTEM telah memenuhi standar untuk aplikasi klinis. Hal tersebut didukung oleh perangkat pemeriksaan CD34 yang telah teregistrasi untuk penggunaan In Vitro Diagnostic (IVD). Diagnostik sel yang dapat dilakukan di ProSTEM diantaranya yaitu pemeriksaan mycoplasma, endotoksin, karakterisasi sel, diferensiasi dan viabilitas sel yang berasal dari berbagai sumber sampel seperti bone marrow, darah perifer, darah tali pusat, tali pusat, lemak, dan pulpa gigi.

Bagaimana Alur Pelaksanaan Diagnostik Sel di ProSTEM?

1.    Hubungi ProSTEM

2.    Buat Permintaan Diagnostik Sel

3.    Sampel Dikirimkan ke ProSTEM

4.    Sampel Diterima dan Diproses

5.    Output Diagnostik Sel Selesai

 

 

Pengolahan Stem Cell Untuk Aplikasi Klinis

 

ProSTEM sebagai laboratorium pengolahan dan penyimpanan stem cell terpercaya di Indonesia hadir sebagai salah satu solusi bagi layanan terapi penyakit degeneratif. Standar pengolahan dan penyimpanan tersebut dilakukan berdasarkan izin dari Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia No. 48 dan 50 tahun 2012, sehingga ProSTEM  dapat menjalankan komitmennya untuk selalu menjaga dan menjamin kualitas stem cell yang diproses dan yang disimpan sesuai dengan standar yangtelah ditetapkan.    

ProSTEM memiliki kerjasama dengan jaringan rumah sakit dalam negeri dan ekspertis dari luar negeri sehingga dapat memberikan pelayanan terapi pada beberapa penyakit seperti Osteoarthritis (OA), Peripheral Arterial Disease (PAD), Limfoma Non-Hodgkins (LNH) dan Anti Aging (AA). Osteoarthritis merupakan gangguan degenerasi struktur tulang rawan pada persendian, sedangkan PAD merupakan gangguan artherosklerosis atau penyempitan pembuluh darah perifer yang menyebabkan tingkat kesakitan dan kematian yang cukup tinggi. Penyakit LNH merupakan kanker yang menyerang limfosit pada sel darah putih sehingga mengganggu sistem kekebalan tubuh. Aging atau penuaan manusia dikaitkan dengan beragam kelainan klinis yang semuanya berhubungan dengan ketidakmampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Sebagai upaya pengembangan layanan terapi stem cell, laboratorium ProSTEM  sedang mengembangkan penelitian berbasis pelayanan untuk mengatasi beberapa penyakit degeneratif lain. Penyakit yang sedang kami kembangkan diantaranya yaitu Wound Chronic Healing, Cerebral Palsy (CP), Retinitis Pigmentosa (RP), Acute Myocardial Infarct (AMI), diabetes melitus tipe 2 dan sirosis hati. Hal tersebut kami lakukan untuk mewujudkan misi ProSTEM yaitu “delivering life-saving regenerative medicine” sehingga ProSTEM dapat berkontribusi aktif dalam memajukan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

 

FAQ

Frequently Asked Question (FAQ)

  • Apa itu stem cell?

Stem Cell adalah sel induk tubuh manusia yang dapat memperbanyak dan merubah dirinya menjadi sel lain dalam tubuh manusia.

  • Dari mana saja sumber stem cell?

Stem cell dapat diperoleh dari sumsum tulang, darah tepi (peripheral blood), jaringan lemak dan darah tali pusat bayi. Kualitas stem cell akan menurun seiring bertambahnya usia maka dari ketiga sumber tersebut darah tali pusat bayi-lah yang memiliki kualitas stem cell terbaik untuk disimpan dan digunakan.

  • Apa itu Darah Tali Pusat (DTP)?

DTP adalah darah yang terdapat di dalam tali pusat bayi yang menghubungkan ibu dengan janin nya selama kehamilan. Sebuah fasilitas yang dikenal sebagai Bank Darah Tali Pusat memungkinkan keluarga anda menyimpan stem cell, sumber daya yang berharga untuk penggunaan medis untuk kesehatan keluarga yang lebih baik di masa depan. Jika tidak disimpan, darah tali pusat akan dibuang sebagai limbah oleh pihak rumah sakit.

  • Apa keuntungan menyimpan stem cell dari DTP dibandingkan sumsum tulang atau darah tepi?

Stem cell DTP mudah diperoleh, siap pakai, lebih murni dan lebih muda karena belum terpapar faktor-faktor eksternal. Cara pengambilannya pun mudah dan tidak menyakitkan bagi ibu dan bayi. Toleransi terhadap ketidaksesuaian HLA (Human Leukocyte Antigen) juga lebih besar dibanding stem cell sumsum tulang dan darah tepi.

  • Mengapa stem cell perlu disimpan?

Stem cell memiliki potensi besar untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang sulit atau bahkan belum dapat disembuhkan dengan pengobatan konvensional, seperti thalassemia major, cerebal palsy dll. Stem cell juga dapat digunakan untuk terapi penyakit degeneratif seperti diabetes, stroke, parkinson dll.

  • Bagaimana stem cell dapat membantu menyembuhkan penyakit?

Stem cell memiliki kemampuan untuk berubah menjadi berbagai sel dalam tubuh manusia. Apabila terjadi kerusakan dalam tubuh, stem cell dapat mengubah lingkungan di dalam tubuh menjadi kondusif untuk menyembuhkan penyakit dan menggantikan sel tubuh yang rusak tersebut dengan sel baru yang sehat.
Siapa saja yang dapat menggunakan stem cell?

  • Siapa saja yang dapat menggunakan stem cell?

Stem cell yang dapat diambil dari DTP bayi memiliki kecocokan HLA yang 100% sempurna bagi dirinya sendiri. Stem cell tersebut dapat digunakan oleh orang lain dengan presentase kecocokan HLA sbb:

  1. Saudara kandung        : sampai dengan 75%
  2. Orang tua                    : sampai dengan 50 %
  • Jenis penyakit apa saja yang mampu disembuhkan oleh stem cell DTP?

Stem cell dapat digunakan untuk mengobati lebih dari 70 jenis penyakit, beberapa diantaranya adalah :

  1. Leukimia
  2. Sickle cell anemia
  3. Thalassemia major
  4. Neuroblastoma
  5. Lymphomas

Selain penyakit dalam kondisi diatas, stem cell DTP juga digunakan dalam penelitian untuk penyembuhan penyakit-penyakit berikut :

  1. Cerebral palsy
  2. Alzheimer
  3. Lupus
  4. Diabetes tipe 1
  5. Ischemic Stroke
  6. Rheumatoid arthritis
  7. Traumatic Brain Injury
  8. Acquired Hearing Loss
  9. Autism
  • Berapa lama stem cell DTP dapat disimpan?

Stem cell DTP dapat disimpan tanpa batas waktu selama kondisi penyimpanan terjaga, yaitu dibawah suhu -150°C.

  • Pentingkah menyimpan stem cell di bank stem cell DTP?\

Dengan potensinya yang besar, stem cell DTP dapat dijadikan investasi kesehatan keluarga yang lebih baik di masa depan.

TESTIMONIAL

"“Saya memilih Prodia StemCell (ProSTEM) karena laboratorium penyimpanannya yang paling rasional, selain itu mudah untuk dimobilisasi dan laboratorium penyimpanannya juga dapat dimonitor sendiri oleh saya yang bertempat tinggal di Jakarta”."

Ny. Ibah Habibah OCTOBER 13, 2016