Fasilitas

PROSTEM TELAH MEMENUHI STANDAR DALAM BIDANG PENGELOLAAN DAN PENYIMPANAN STEM CELL (SEL PUNCA)

Dalam menjalankan usahanya, ProSTEM dilengkapi dengan fasilitas penelitian yang didukung oleh jaringan dan kerja sama dengan rumah sakit pendidikan di Indonesia serta para peneliti dan klinisi di bidang sel punca. Dengan demikian, ProSTEM berperan aktif dalam kemajuan terapi, teknologi, dan informasi di bidang kedokteran regeneratif. Untuk penelitian yang baik dan bermutu, ProSTEM hanya melaksanakan penelitian yang telah mendapatkan Ethical Clearance atau keterangan lolos kaji etik dari komite kaji etik penelitian di Indonesia.

Infrastruktur

ProSTEM mengoperasikan fasilitas pengolahan, pengujian serta cryogenic facility selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. ProSTEM memiliki ruang laboratorium pengolahan dengan fasilitas yang sesuai dengan spesifikasi cGMP (current Good Manufacturing Practices).  yang memperhatikan pengendalian mikroba, jumlah partikel, suhu ruangan, kelembapan, intensitas cahaya serta aliran, kecepatan dan tekanan udara. Laboratorium dengan spesifikasi seperti ini sangat penting untuk diterapkan pada laboratorium pengolahan sel punca karena dapat mempengaruhi kualitas sel punca.

Laboratorium Komprehensif

Laboratorium ProSTEM terletak di lokasi yang strategis dan bebas banjir di Jalan Kramat VII No.11, Jakarta Pusat dengan fasilitas yang lengkap untuk pengolahan serta penyimpanan sel punca dan beroperasi selama 24 jam. Sel punca disimpan pada suhu -196°C dalam tangki nitrogen cair fase uap untuk mempertahankan kestabilan suhu sehingga dipastikan sel punca tersimpan dengan baik dalam jangka waktu yang cukup panjang. ProSTEM juga memiliki cryoshipper yang digunakan sebagai wadah transportasi sel punca ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan terapi sel punca. Wadah tersebut dapat mempertahankan suhu kurang dari -150°C selama beberapa hari. Sistem keamanan laboratorium ProSTEM dilengkapi dengan pengawasan CCTV selama 24 jam, alat pemadam kebakaran dan fingerprint access. Secara berkala, dilakukan kalibrasi terhadap peralatan dan ruang laboratorium untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. 

Uji Kelayakan Sampel

ProSTEM bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Prodia untuk melaksanakan pemeriksaan laboratorium untuk skrining atau pengujian kelayakan sampel. Laboratorium Klinik Prodia telah terakreditasi oleh badan nasional dan internasional, antara lain Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk ISO 15189, College of American Pathologists (CAP, USA) dan Royal College Pathologist Australia (RCPA) sehingga mutu hasil skrining dan kelayakan sampel dapat dipercaya.

Peralatan, Metode dan Bahan Laboratorium

Peralatan, metode maupun prosedur yang dijalankan oleh ProSTEM telah sesuai dengan standar American Association of Blood Banks (AABB) dan Foundation of Accreditation of Cellular Therapy – Net Cord (FACT- Net Cord) yang merupakan standar internasional untuk pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan terapi sel punca yang terbaik dan diakui oleh dunia kedokteran internasional. Demikian pula, reagent  dan bahan pembantu laboratorium yang dipilih dan digunakan oleh ProSTEM merupakan bahan-bahan yang sesuai dengan standar yang berlaku dan terdaftar di Indonesia. Dengan adanya kerja sama dengan para pemasok alat dan bahan, ProSTEM berkesempatan untuk menjadi perusahaan yang diprioritaskan dalam mendapatkan informasi yang up to date mengenai kemajuan teknologi kedokteran laboratorium dan terapi regeneratif.

Sumber Daya Manusia

ProSTEM dijalankan oleh tim yang terlatih dan berpengalaman serta berkomitmen untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. ProSTEM aktif dalam berbagi pengetahuan dan memberikan masukan-masukan dalam kemajuan di bidang sel punca dengan mengikuti kongres di bidang riset/terapi, berpartisipasi sebagai anggota dan pembicara pada seminar/kongres yang berskala nasional dan internasional kemudian bersama-sama dengan Kementrian Kesehatan berusaha menyediakan solusi medis. Selain itu, ProSTEM juga bekerja sama dengan rumah sakit dan klinisi dalam proses pengambilan dan pemberian sel punca. Bagi dokter yang ingin melakukan penelitian sel punca, ProSTEM telah menyediakan sarana penelitian in vitro yang dapat mengidentifikasikan sel, baik melalui morfologi, protein maupun penanda biomarker cell. Para ekspertis kami siap untuk mendukung dokter spesialis/peneliti dalam melaksanakan penelitian dan terapi sel punca di Indonesia.