Overview Penelitian

Penelitian mengenai sel punca merupakan bidang penelitian yang berkembang pesat di dunia. Potensinya yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel di tubuh membuat sel punca sangat menjanjikan dalam terapi berbagai penyakit, termasuk penyakit degeneratif, penyakit genetik maupun penyakit kanker.

 

Perkembangan penelitian sel punca di dunia ini mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Begitupun di Indonesia, penelitian sel punca ini sangat diminati baik di kalangan dokter, peneliti, maupun masyarakat awam sekalipun. Beberapa Lembaga Pendidikan maupun Perusahaan Swasta telah melakukan penelitian di berbagai bidang, termasuk dalam pengobatan penyakit genetik, degeneratif jaringan dan pengobatan penyakit kanker.

PT Prodia StemCell Indonesia (ProSTEM), merupakan perusahaan yang terdepan di bidangnya dalam pengolahan dan pemrosesan sel punca memiliki misi delivering life-saving regenerative medicine membentuk ACT-PLab (Advanced Cell Therapy Production Laboratory) sebagai hasil kemajuan dari pengembangan sel punca. ProSTEM juga memiliki laboratorium Riset dan Pengembangan di dalamnya yang terus melakukan pengembangan penelitian sel punca menjadi fokus utama dalam laboratorium Riset dan Pengembangan ProSTEM.

 

Laboratorium ProSTEM dibangun dan tersertifikasi GMP (Good Manufacturing Practice) untuk menjamin kelayakan proses layanan dan penelitian. Laboratorium ProSTEM juga ditunjang dengan peralatan dengan teknologi terkini dalam melakukan penelitian basic maupun advance di bidang sel punca dan sel. Selain Laboratorium yang tersertifikasi GMP, ProSTEM juga didukung oleh Personel yang berpengalaman dan tersertifikasi GLP (Good Laboratory Practice). SDM ProSTEM selalu diberikan pelatihan maupun ilmu agar dapat terus meng-update­ pengetahuannya terhadap sel punca dan sel, seperti mengikuti seminar dan kongres skala nasional maupun internasional. SDM ini juga telah banyak melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. SDM ProSTEM juga diberikan kesempatan untuk melakukan studi lanjutan dengan meneliti sel punca maupun sel. Selain itu ProSTEM juga memberikan kesempatan bagi klinisi maupun peneliti untuk melakukan penelitian berbasis Uji Klinis dalam mengetahui potensi dan penggunaan sel punca pada manusia.

 

ProSTEM, laboratorium penyimpanan dan pengolahan sel punca di Indonesia, melakukan uji in vitro, in vivo, dan klinis untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas sel punca, sel, dan turunannya. Uji in vitro dilakukan di laboratorium, menggunakan sel-sel yang dikultur dalam kondisi yang terkendali. Uji in vivo dilakukan pada hewan, untuk melihat bagaimana sel-sel tersebut berperilaku dalam tubuh yang hidup. Uji klinis dilakukan pada manusia, untuk melihat apakah sel-sel tersebut aman dan efektif untuk pengobatan.

 

ProSTEM memiliki kerjasama dengan sister company di bawah Prodia Group dalam melakukan penelitian Uji Klinis. Kerjasama dalam hal pemeriksaan laboratorium untuk skrining pasien dengan Laboratorium Klinik Prodia dan juga kerjasama dalam hal menjalankan dan monitoring penelitian Uji Klinis dengan Prodia CRO. Di dalam menjalankan penelitian Uji Klinis ProSTEM juga didukung oleh berbagai Rumah Sakit Pendidikan yang ada di Indonesia dan Kementerian Ristek untuk penelitian dasar.

 

Laboratorium Riset dan Pengembangan ProSTEM juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin melakukan penelitian maupun keingintahuan lebih mendalam pada bidang sel punca melalui program magang. Bagi mahasiswa yang tertarik dapat mengirimkan CV dan Personal Statement dengan subjek “Program Magang” ke alamat email prodia.stemcell@prostem.co.id dan hr@prostem.co.id .

Scroll to Top