Hubungi kami:

Jakarta : 021 2302629 / 021 2302516 (Hunting)
Marketing Phone : 082112121416
Information for Therapy : 082260060615

Overview Perusahaan


Prostem berkomitmen untuk menjadi perusahaan bidang sel punca yang terdepan baik mutu dan pelayanannya baik di Indonesia maupun di Asia.

Perkembangan ilmu kedokteran regeneratif membawa harapan baru dalam dunia kedokteran akhir-akhir ini. Sejak diketahuinya kemampuan sel punca (stem cell) yang dapat memperbaiki sel atau jaringan yang rusak maka terapi regeneratif menjadi tumpuan utama bagi pelayanan kesehatan, terutama untuk penyakit-penyakit degeneratif, gagal organ, maupun kelainan bawaan. Walaupun banyak terapi regeneratif yang masih dalam tahap penelitian, sekarang ini sudah ada beberapa penyakit dan kerusakan jaringan yang berhasil disembuhkan melalui terapi regeneratif.

Seiring dengan perkembangan terapi regeneratif tersebut, PT Prodia Widyahusada (Laboratorium Klinik Prodia), laboratorium klinik swasta di Indonesia dengan layanan terluas, kualitas terpercaya, serta terdepan dalam ilmu dan teknologi diagnostik, mengembangkan usahanya dengan membentuk perusahaan baru yaitu PT Prodia StemCell Indonesia (ProSTEM) yang khusus bergerak di bidang laboratorium sel punca.

ProSTEM merupakan laboratorium riset, pengolahan, dan penyimpanan sel punca yang akan digunakan untuk pemberian terapi regeneratif kepada pasien. Dengan memenuhi standar nasional (standar pengelolaan dan penyimpanan sel punca di Indonesia dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia No. 48 Tahun 2012) dan internasional (American Association of Blood Banks (AABB) dan Foundation for Accreditation of Cellular Therapy – Net Cord (FACT-Net Cord)) maka ProSTEM menjadi perusahaan bank darah tali pusat pertama di Indonesia yang memiliki ijin resmi dari Kementrian Kesehatan.

Dengan latar belakang pengalaman mengelola Laboratorium Klinik Prodia yang handal dan terpercaya selama lebih dari 40 tahun, serta dukungan ilmiah Chairman Prodia Group, Bapak Andi Wijaya Ph.D dan ekspertis sel punca dari Singapura, Prof. Aw Tar Choon, ProSTEM berkomitmen untuk menjadi perusahaan bidang sel punca yang terdepan, baik mutu dan pelayanannya di Indonesia dan Asia.

Visi dan Misi

PROSTEM BERPERAN AKTIF DALAM KEMAJUAN TERAPI, TEKNOLOGI DAN INFORMASI DI BIDANG KEDOKTERAN REGENERATIF

  • Menjadi perusahaan terbaik yang bergerak di bidang sel punca di Indonesia
  • Menjadi perusahaan pengelola dan penyimpan sel punca dan darah tali pusat dengan layanan dan mutu yang baik serta dapat dipercaya di Indonesia
  • Menjadi perusahaan yang dapat diandalkan dalam mengelola sel punca baik untuk terapi maupun untuk penelitian
  • Menjadi suatu perusahaan yang memiliki jaringan dan kerja sama dengan Rumah Sakit Pendidikan, klinik maupun fakultas kedokteran yang melakukan penelitian di bidang sel punca

Mendukung kesembuhan dan kelangsungan hidup pasien melalui terapi regeneratif
Tim Kami

PROSTEM DIPIMPIN DAN DIJALANKAN OLEH EKSPERTIS YANG BERPENGALAMAN DI BIDANG STEM CELL (SEL PUNCA)

ProSTEM dijalankan oleh tim yang terlatih dan berpengalaman serta berkomitmen untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. ProSTEM aktif berbagi pengetahuan serta memberikan masukan-masukan untuk kemajuan di bidang sel punca dengan mengikuti kongres di bidang riset/terapi, berpartisipasi sebagai anggota dan pembicara pada seminar/kongres yang berskala nasional maupun internasional. ProSTEM mendukung Pemerintah dalam memajukan terapi stem cell di Indonesia dengan terlibat dalam perumusan standarisasi pelayanan stem cell. Selain itu, ProSTEM juga bekerja sama dengan rumah sakit dan klinisi dalam proses pengambilan dan pemberian stem cell.

 

Andi Wijaya, Ph.D. - Chairman

Andi Wijaya, Ph.D. adalah seorang ilmuwan di bidang kimia klinik dan pernah mengajar di berbagai universitas negeri di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), dan pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Kimia Klinik/Biomedik Pascasarjana Universitas Hassanuddin. Beliau mendapatkan penghargaan sebagai Fellow dari National Academy of Clinical Biochemistry (FACB), The National Academy of Atherosclerosis Thrombosis and Vascular Biology (FATVB), New York Academy of Science (FNAS), American Association for Clinical Chemistry (AACC), Clinical Laboratory Management Association (CLMA), Golden Academy Award dari National Academy of Clinical Biochemistry, Gold Record of Achievement in Science dari NCCCA (USA), dan Ganesa Widya Jasa Utama dari ITB. Beliau pun aktif sebagai anggota dari asosiasi sel punca seperti International Society for Stem Cell Research (ISSCR) dan International Society for Cell Therapy (ISCT). Karena pengetahuannya yang luas mengenai sel punca dan biologi molekuler, Andi Wijaya sering diundang sebagai narasumber maupun pembicara pada seminar-seminar ilmiah yang diadakan di Indonesia. Beliau juga telah menjadi promotor beberapa peneliti untuk melakukan penelitian sel punca sejak tahun 2000 dan saat ini aktif mengajar di program pascasarjana Universitas Hasanuddin

 

Dr. Cynthia Retna Sartika, M.Si. - Director

ProSTEM dipimpin oleh Dr. Cynthia Retna Sartika,M.Si. yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana (S-1) di jurusan Biologi, Universitas Padjajaran kemudian melanjutkan pendidikan magister (S-2) di jurusan Biomedik konsentrasi Kimia Klinik Universitas Hasanuddin Pendidikan doktor (S-3) diselesaikannya di Fakultas Kedokterandi universitas yang sama. Penelitian yang ditekuninya adalah angiogenesis pada kondisi obesitas, di mana angiogenesis merupakan keadaan yang banyak berkaitan dengan perkembangan dan kelanjutan hidup sel punca. Selain aktif mengikuti berbagai kongres mengenai riset maupun aplikasi terapeutik sel punca di seluruh dunia, Cynthia R Sartika juga sering bertindak sebagai narasumber dan pembicara pada seminar-seminar ilmiah dengan tema sel punca yang diadakan di Indonesia. Beliau juga aktif sebagai anggota International Society for Stem Cell Research (ISSCR), International Society for Cell Therapy (ISCT), Sekretaris Jendral Perhimpunan Aterosklerosis dan Penyakit Vaskular Indonesia (PAPVI), serta pada tahun 2011 ditunjuk oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia menjadi salah satu tim ad hoc dalam penyusunan standarisasi pengolahan dan penyimpanan sel punca dari darah tali pusat.

 

Prof. Dr. Aw Tar-Choon, MBBS, M.Med, MRCP, FRCPE, FRCPA, FAMS, MPP – Medical Advisory

Prof. Dr. Aw Tar-Choon adalah seorang ekspertis di bidang kedokteran dan kimia klinik. Beliau menyelesaikan pendidikan dokternya di University of Malaya Medical School yang kemudian dilanjutkan dengan pendidikan master di Harvard-NUS dengan fokus public policy. Beberapa training yang pernah diikuti di antaranya di bidang Internal Medicine di Singapore General Hospital serta King’s College Hospital & Medical School, training di bidang kimia klinik diambilnya di Department of Pathology & Laboratory Medicine at the di Hospital of the University of Pennsylvania.

Saat ini, Aw Tar-Choon menjabat sebagai Medical Director di ICON Central Laboratories, Inc., selain itu beliau juga menjabat sebagai dokter spesialis di Raffles Hospital dan Senior Consultant dalam bidang Laboratory Medicine di Changi General Hospital Singapore. Di samping kesibukannya, Aw Tar-Choon juga aktif mengajar di berbagai universitas terkemuka, seperti Monash University School of Medicine dan National University of Singapore (NUS) Medical School. Beberapa kualifikasi profesional yang diraihnya antara lain Board Certification in Internal Medicine dari NUS dan The Royal College of Physicians (UK), Sub-speciality Board Certification in Chemical Pathology dari Royal College of Pathologists of Australasia, anggota dari Royal College of Physicians (Edinburgh, Irlandia), dan The Academy of Medicine Singapore, Dewan Eksekutif dari beberapa lembaga ilmiah dunia seperti Singapore Association of Clinical Biochemists, Singapore Society of Pathology, dan The Endocrine & Metabolic Society of Singapore.

Aw Tar-Choon aktif sebagai narasumber dan pembicara dalam berbagai acara ilmiah di lebih dari 21 negara dengan berbagai topik seperti kimia klinik, endokrinologi, health policy, regenerative medicine, tissue engineering, dan stem cell. Sampai saat ini, sudah lebih dari 300 abstrak dan 117 artikel profesional yang ditulisnya termasuk di dalamnya 12 buku/chapter buku dengan topik kimia klinik, endokrinologi, dan health policy.

  

Dr. dr. Yenny Surjawan, Sp.PK – Medical in Charge

Dr. dr. Yenny Surjawan, Sp.PK menyelesaikan program pendidikan dokter umum yang dilanjutkan dengan pendidikan Dokter Spesialis Patologi Klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia kemudian pendidikan Doktor (S-3) diselesaikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Hassanuddin dengan hasil tema penelitian yang berfokus pada stroke iskemik. Pada saat ini, Yenny Surjawan menjabat sebagai salah satu dokter penanggung jawab Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia dan penanggung jawab Laboratorium Prodia Stemcell Indonesia (ProSTEM).

 

Bayu Winata Putera, S.Si, M.Kes. – Banking Manager 

Bayu Winata Putera menyelesaikan pendidikan sarjana (S-1) di bidang farmasi yang kemudian dilanjutkan dengan profesi apoteker di Universitas Padjajaran, Jawa Barat. Pendidikan pasca sarjana (S-2) diselesaikannya di Universitas Hassanuddin dengan fokus Biomedik Konsentrasi Kimia Klinik. Penelitian yang didalaminya adalah peran visfatin obestatin pada proliferasi sel beta pankreas. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam Indonesian Biomedical Journal (IBJ).


Fasilitas dan Pelayanan

PROSTEM TELAH MEMENUHI STANDAR DALAM BIDANG PENGELOLAAN DAN PENYIMPANAN STEM CELL (SEL PUNCA)

Dalam menjalankan usahanya, ProSTEM dilengkapi dengan fasilitas penelitian yang didukung oleh jaringan dan kerja sama dengan rumah sakit pendidikan di Indonesia serta para peneliti dan klinisi di bidang sel punca. Dengan demikian, ProSTEM berperan aktif dalam kemajuan terapi, teknologi, dan informasi di bidang kedokteran regeneratif. Untuk penelitian yang baik dan bermutu, ProSTEM hanya melaksanakan penelitian yang telah mendapatkan Ethical Clearance atau keterangan lolos kaji etik dari komite kaji etik penelitian di Indonesia.

Infrastruktur

ProSTEM mengoperasikan fasilitas pengolahan, pengujian serta cryogenic facility selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. ProSTEM memiliki ruang laboratorium pengolahan dengan fasilitas yang sesuai dengan spesifikasi cGMP (current Good Manufacturing Practices).  yang memperhatikan pengendalian mikroba, jumlah partikel, suhu ruangan, kelembapan, intensitas cahaya serta aliran, kecepatan dan tekanan udara. Laboratorium dengan spesifikasi seperti ini sangat penting untuk diterapkan pada laboratorium pengolahan sel punca karena dapat mempengaruhi kualitas sel punca.

Laboratorium Komprehensif

Laboratorium ProSTEM terletak di lokasi yang strategis dan bebas banjir di Jalan Kramat VII No.11, Jakarta Pusat dengan fasilitas yang lengkap untuk pengolahan serta penyimpanan sel punca dan beroperasi selama 24 jam. Sel punca disimpan pada suhu -196°C dalam tangki nitrogen cair fase uap untuk mempertahankan kestabilan suhu sehingga dipastikan sel punca tersimpan dengan baik dalam jangka waktu yang cukup panjang. ProSTEM juga memiliki cryoshipper yang digunakan sebagai wadah transportasi sel punca ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan terapi sel punca. Wadah tersebut dapat mempertahankan suhu kurang dari -150°C selama beberapa hari. Sistem keamanan laboratorium ProSTEM dilengkapi dengan pengawasan CCTV selama 24 jam, alat pemadam kebakaran dan fingerprint access. Secara berkala, dilakukan kalibrasi terhadap peralatan dan ruang laboratorium untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. 

Uji Kelayakan Sampel

ProSTEM bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Prodia untuk melaksanakan pemeriksaan laboratorium untuk skrining atau pengujian kelayakan sampel. Laboratorium Klinik Prodia telah terakreditasi oleh badan nasional dan internasional, antara lain Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk ISO 15189, College of American Pathologists (CAP, USA) dan Royal College Pathologist Australia (RCPA) sehingga mutu hasil skrining dan kelayakan sampel dapat dipercaya.

Peralatan, Metode dan Bahan Laboratorium

Peralatan, metode maupun prosedur yang dijalankan oleh ProSTEM telah sesuai dengan standar American Association of Blood Banks (AABB) dan Foundation of Accreditation of Cellular Therapy – Net Cord (FACT- Net Cord) yang merupakan standar internasional untuk pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan terapi sel punca yang terbaik dan diakui oleh dunia kedokteran internasional. Demikian pula, reagent  dan bahan pembantu laboratorium yang dipilih dan digunakan oleh ProSTEM merupakan bahan-bahan yang sesuai dengan standar yang berlaku dan terdaftar di Indonesia. Dengan adanya kerja sama dengan para pemasok alat dan bahan, ProSTEM berkesempatan untuk menjadi perusahaan yang diprioritaskan dalam mendapatkan informasi yang up to date mengenai kemajuan teknologi kedokteran laboratorium dan terapi regeneratif.

Sumber Daya Manusia

ProSTEM dijalankan oleh tim yang terlatih dan berpengalaman serta berkomitmen untuk memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik. ProSTEM aktif dalam berbagi pengetahuan dan memberikan masukan-masukan dalam kemajuan di bidang sel punca dengan mengikuti kongres di bidang riset/terapi, berpartisipasi sebagai anggota dan pembicara pada seminar/kongres yang berskala nasional dan internasional kemudian bersama-sama dengan Kementrian Kesehatan berusaha menyediakan solusi medis. Selain itu, ProSTEM juga bekerja sama dengan rumah sakit dan klinisi dalam proses pengambilan dan pemberian sel punca. Bagi dokter yang ingin melakukan penelitian sel punca, ProSTEM telah menyediakan sarana penelitian in vitro yang dapat mengidentifikasikan sel, baik melalui morfologi, protein maupun penanda biomarker cell. Para ekspertis kami siap untuk mendukung dokter spesialis/peneliti dalam melaksanakan penelitian dan terapi sel punca di Indonesia.

 


Berikan anugerah terindah untuk bayi Anda, menjadi klien ProSTEM hari ini!